Keutamaan Shalat Jamaah

16 Agustus 2008 pukul 05.34 | Ditulis dalam Ikhtisar | Tinggalkan komentar
Tag: , , , ,

Ada begitu banyak dalil yang menunjukkan keutamaan shalat berjamaah. Nabi Muhammad saw bersabda, “Sesungguhnya shalat yang paling berat buat orang munafik adalah shalat Isya dan Subuh. Seandainya mereka tahu apa yang mereka dapat dari kedua shalat itu, pastilah mereka akan mendatanginya meski dengan merangkak.”(HR.Bukhari Muslim).
Lalu keutamaan lainnya juga pernah disabdakan oleh Rasulullah saw, “Shalatnya seseorang dengan berjamaah lebih banyak daripada shalat sendirian dengan dua puluh tujuh derajat.”(HR.Muslim).

Ibnu Hajar dalam kitabnya Fathul Bari menyebutkan secara rinci hal-hal yang membedakan keutamaan shalat berjamaah dengan yang shalat sendirian.
Di antaranya adalah ketika seseorang menjawab azan, bersegera shalat di awal waktu, berjalannya menuju masjid dengan sakinah,  masuknya masjid dengan berdoa, menunggu jamaah, shalawat malaikat atas orang yang shalat, serta permohonan ampun dari mereka, kecewanya setan karena berkumpulnya orang-orang untuk beribadah, adanya pelatihan untuk membaca Al-Qur’an dengan benar, pengajaran rukun-rukun shalat, keselamatan dari kemunafikan, dan seterusnya. Semua hal itu tidak dapat diraih oleh orang yang melakukan shalat dengan cara sendirian di rumahnya.

Dalam hadits lainnya dikatakan pula, “Shalatnya seseorang dengan berjamaah lebih banyak daripada bila shalat sendirian atau shalat di pasarnya dengan dua puluh tujuh derajat. Hal itu karena berwudhu dan membaguskan wudhunya, kemudian mendatangi masjid di mana dia tidak melakukannya kecuali untuk shalat dan tidak menginginkannya kecuali dengan niat shalat. Tidaklah dia melangkah dengan satu langkah,  kecuali ditinggikan baginya derajatnya dan dihapuskan kesalahannya hingga dia masuk masjid… Dan malaikat tetap bershalawat kepadanya selama dia berada pada tempat shalatnya seraya berdoa, “Ya Allah, berikanlah kasih-Mu kepadanya. Ya Allah, ampunilah dia. Ya Allah, ampunilah dia…”(HR.Muslim).

(Ahmad Sarwat,Lc – http://www.eramuslim.com)

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: